rss
twitter
    Impossible is Nothing but Nothing is Possible

Frontier Engineering, cuy

setiap anak seperti gue, pastinya punya banyak cita-cita yang ingin dicapai. malah bagi saya harus tercapai. banyak faktornya. bagi banyak orang, cita-cita muncul karena minatnya pada suatu pelajaran atau aktifitas yang dijalaninya. seperti yang ada dijudul. cita2 gue pengen jadi Frontier Engineering. apa itu? itu salah satu profesi dari lulusan Jurusan Teknik Fisika. FE gue kenal saat kelas 2 SMA, saat mengikuti suatu olimpiade fisika yang diselenggarakan ITS. walopun gag lolos, gue punya tambahan pengalaman. gue tahu ada bidang yang gue kuasain dan gemari saat SMA ini, fisika. ato itung2an lah. setelah cari2 informasi. prospek kerjanya lumayan. di Indonesia sendiri, teknik fisika juga belum begitu diminati, sehingga PIGnya lumayan rendah.
ITS: 40.19
ITB: 39.78
sayangnya, kedua univ itu selisih PIGnya kecil banget. jadi susah kalo misal ITB dijadiin pilihan kedua. dan ini gue dapet sedikit penjelasan tentang TekFis dari wiki:
pendidikan Teknik Fisika pada strata pertama (S1) ditekankan pada penguasaan ilmu dasar sains dan engineering yang kokoh, sehingga lulusannya dapat berperan sebagai katalisator atau integrator/ koordinator/ fasilitator/ project leader dimana usaha-usaha yang bersifat multidisiplin dalam industri, penelitan dan pengembangan (R&D / research and development) dan kegiatan-kegiatan lainnya. Pada strata yang lebih tinggi (S2), program pendidikan diarahkan untuk memberikan bekal pada penguasaan ilmu-ilmu baru dan penerapannya dalam berbagai bidang kajian dan industri. Bidang-bidang kajian yang kini menjadi pilihan antara lain Computational Materials Science & Engineering, Optics and Fiber Optics, Laser Communication, Instrumentation and Computation Systems, Medical Instrumentations and Biophysics, Control System and Engineering, dan Built-in Environment, Vibration and Acoustics. Oleh karena fungsi, visi dan misinya, profesi Teknik Fisika sering disebut sebagai frontier engineering, dan mampu bergerak pada garis batas pengembangan teknologi baru yang memanfaatkan ilmu-ilmu dasar, matematika dan fisika.
dari beberapa bidang kajian itu, gue belum bisa nentuin. yang penting, my last goal is that, TekFis ITS. selain cita2 utama gue itu. ada cita2 lain yang mendorong gue berusaha raih cita utama. seperti:
  1. jadi orang sukses, kaya, jadi orang yang manfaat.
  2. ngebahagiain ortu.
  3. beliin mobil ortu terus haji'in mereka.
  4. punya istri dokter.
penjelasan:
keinginan ini pasti sudah jadi cita2 kita semua. tapi mudah2an gue gag sombong kalo ini kesampaian. cz ortu pasti kecewa banget. terus yang kedua,walopun ini gue tempatin di no.2, bukan berarti ni gag penting. ortu gue, yang udah biayain gue sekolah dari TK mpek kuliah besok, les2 yang mahal2. itu bisa jadi utang yang gag bisa bayar selamanya, gue hanya bisa ngebahagiain mereka. dengan cara, pertama gue harus sukses dulu. karena ortu ngebiayain semua agar gue sukses. kalo gag sukses terus kaya, darimana gue bisa ngebahagiain mereka. untuk yang no.3: ortu punya cita2 juga, terutama ibu. pengen naik haji. katanya mereka baru bisa naik haji setelah aku ma adek2 selesai kuliah. so, gue pengen mempercepat cita2 mereka terkabul. masalah mobil, itu buat hadiah ke mereka aja. semoga gue bener2 bisa.
no.4 heheheheh, gag usah heran. ini juga jadi cita2 gue, karena almarhum kakong, pernah bilang ke gue sebelum beliau dapet gelar almarhum. "belajar ya le! besog jadi dokter, biar bisa ngobatin kakongmu yang sakit2an ini." ini bisa dianggep wasiat. waktu itu gue kelas 5 MI/SD. gue iya2 aja, gue waktu itu juga bercita yang aneh2, jadi robotlah, power rangerlah. anak2 banget. tapi setelah itu, gue pengen jadi dokter. tapi kendala muncul, mata pelajaran biologi kimia gue cetek banget. yang dikatakan sebagai dasar kedokteran itu gue selalu dapet nilai minim. malah gue nemuin bakat fisika gue, dan akhirnya gue beralih ke teknik fisika. maafkan cucumu ini kakong. gag bisa memenuhi permintaan. sebagai gantinya, gue kalo bisa punya istri dokter. amiiiinn....

ps: semangat him, INGAT!!! ortu sudah mengorbankan semuanya demi kamu!!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong kasih komentar ya.. terima kasih dah mau mampir di blog ini...

About Me

Foto saya
Fahim, sepatah kata yang merupakan nama saya. nama yang terus saya jaga dan saya perkenalkan kepada anda lewat blog ini. inilah fahim.

Follower